New media (media baru) adalah istilah yang luas dalam studi media yang muncul akhir abad ke-20 yang mengacu pada on-demand akses ke konten kapan saja, di mana saja, pada setiap perangkat digital, serta umpan balik pengguna interaktif, partisipasi kreatif dan pembentukan masyarakat sekitar konten media. yang penting dari media baru adalah "demokratisasi" penciptaan, penerbitan ,distribusi, dan konsumsi konten media. Aspek lain dari media baru adalah generasi real-time yang baru.
Teknologi yang digambarkan sebagai "media baru" adalah digital, sering memiliki karakteristik yang dimanipulasi, melalui jaringan, kompresibel, dan interaktif. Beberapa contoh mungkin internet, website, multimedia komputer, video game, CD-ROM, dan DVD. Media baru tidak termasuk program televisi, film, majalah, buku, atau kertas publikasi berbasis - kecuali mereka mengandung teknologi yang memungkinkan interaktivitas digital. Wikipedia, ensiklopedia online, adalah salah satu contohnya, menggabungkan internet diakses teks digital, gambar. dan video dengan web-link, partisipasi kreatif kontributor, umpan balik pengguna interaktif dan pembentukan komunitas peserta editor dan donor untuk kepentingan non-masyarakat pembaca. Facebook adalah contoh dari model media sosial.
Teknologi yang digambarkan sebagai "media baru" adalah digital, sering memiliki karakteristik yang dimanipulasi, melalui jaringan, kompresibel, dan interaktif. Beberapa contoh mungkin internet, website, multimedia komputer, video game, CD-ROM, dan DVD. Media baru tidak termasuk program televisi, film, majalah, buku, atau kertas publikasi berbasis - kecuali mereka mengandung teknologi yang memungkinkan interaktivitas digital. Wikipedia, ensiklopedia online, adalah salah satu contohnya, menggabungkan internet diakses teks digital, gambar. dan video dengan web-link, partisipasi kreatif kontributor, umpan balik pengguna interaktif dan pembentukan komunitas peserta editor dan donor untuk kepentingan non-masyarakat pembaca. Facebook adalah contoh dari model media sosial.
Manfaat New Media :
• Bidang Pendidikan.
Dengan adanya EBOOK,sangat memudahkan mahasiswa untuk belajar dan mencari materi serta lebih praktis.
• Bidang Pencarian Kerja
• Bidang Silaturahmi
Dengan hadirnya facebook,twitter,yahoo,my space sangat membantu untuk berinteraksi dengan seseorang.
• Bidang Jual Beli
Bidang
ini juga adalah bidang yang bayak di akses orang, karena pembeli dan
penjual sama” enak , sebagai contoh adalah pembeli yang mempunyai sifat
malas untuk dating ke store” yang menjual barang yang di inginkan dapat
mengakses website strore yang memiliki barang yang di inginkan .
KOMPONEN NEW MEDIA
Komponen dari new media yaitu : Handphone, Internet, dan Komputer.
Handphone / Smart Phone dapat dijadikan sebagai komponen New Media
karena dengan Smart Phone kita dapat mengakses bebesapa situs jejaring
sosial diantaranya Facebook, Twitter, Email, Plurk, Heello, FourSquare,
dan lain sebagainya. Dengan SmartPhone kita dapat lebih cepat
mendapatkan informasi yang kita inginkan atau juga memberikan informasi
yang kita dapatkan sesuai dengan kenyataan. Misalkan di situs jejaring
Twitter, kita dapat mendapatkan informasi tentang kejadian sekitar
dengan memfollow akun yang berhubungan dengan berita yang baru. Internet
dijadikan sebagai komponen New Media karena dengan Internet kita dapat
mengakses berbagai informasi dimanapun kita berada. Internet memudahkan
kita untuk melakukan sebuah interaksi sosial dengan manusia sekitar.
Komputer dijadikan sebagai komponen New Media karena computer juga dapat
memudahkan kita mendapatkan informasi. Ketiga komponen diatas tidak
dapat saling dipisahkan, antara Smart Phone dengan Internetm dan juga
Komputer dengan Internet. Ketiganya saling berkaitan dan harus seimbang
dalam pemakaiannya
Contoh Aplikasi New Media
Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa ilmu komputer Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Facebook (atau facebook) adalah sebuah layanan jejaring sosial
dan situs web yang diluncurkan pada Februari 2004 yang dioperasikan dan
dimiliki oleh Facebook, Inc. Pengguna dapat membuat profil pribadi,
menambahkan pengguna lain sebagai teman dan bertukar pesan, termasuk
pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu,
pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna yang memiliki tujuan
tertentu, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah, perguruan tinggi,
atau karakteristik lainnya. Nama layanan ini berasal dari nama buku
yang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh
administrasi universitas di AS dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal
satu sama lain. Facebook memungkinkan setiap orang berusia minimal 13
tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini.
Twitter
berawal dari sebuah diskusi yang diselenggarakan oleh anggota dewan
dari Podcasting perusahaan Odeo. Dalam pertemuan tersebut, Jack Dorsey
memperkenalkan ide twitter dimana individu bisa menggunakan SMS layanan
untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Proyek ini dimulai
pada tanggal 21 secara terbuka pada tanggal 15 Juli 2006. Twitter
menjadi perusahaan sendiri pada bulan April 2007.Twitter adalah sebuah
situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang
menawarkan jaringan sosial berupa mikroblog
sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang
disebut kicauan (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga 140
karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa
dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke
daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis
lain yang dikenal dengan sebutan pengikut
Augmented Reality (AR)
Augmented Reality adalah teknologi
yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke
dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan
benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Tidak seperti realitas maya
yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, namun Augmented Reality hanya
menambahkan atau melengkapi kenyataan.
Benda-benda
maya menampilkan informasi yang tidak dapat diterima oleh pengguna
dengan inderanya sendiri. Hal ini membuat Augmented Reality sesuai
sebagai alat untuk membantu persepsi dan interaksi penggunanya dengan
dunia nyata. Informasi yang ditampilkan oleh benda maya membantu
pengguna melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam dunia nyata.
Selain
menambahkan benda maya dalam lingkungan nyata, Augmented Reality juga
berpotensi menghilangkan benda-benda yang sudah ada. Menambah sebuah
lapisan gambar maya dimungkinkan untuk menghilangkan atau menyembunyikan
lingkungan nyata dari pandangan pengguna. Misalnya, untuk
menyembunyikan sebuah meja dalam lingkungan nyata, perlu digambarkan
lapisan representasi tembok dan lantai kosong yang diletakkan di atas
gambar meja nyata, sehingga menutupi meja nyata dari pandangan pengguna.
Augmented
Reality dapat diaplikasikan untuk semua indera, termasuk pendengaran,
sentuhan, dan penciuman. Selain digunakan dalam bidang-bidang seperti
kesehatan, militer, industri manufaktur, Augmented Reality juga telah
diaplikasikan dalam perangkat-perangkat yang digunakan orang banyak,
seperti pada telepon genggam.
Virtual Reality (VR)
Virtual Reality (VR) atau Realitas Maya adalah teknologi
yang dibuat sehingga pengguna dapat berinteraksi dengan suatu
lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated
environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar
suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi.
Secara sederhana, Virtual Reality adalah pemunculan gambar-gambar tiga dimensi yang di bangkitkan komputer, yang terlihat nyata dengan bantuan sejumlah peralatan tertentu. Ciri terpentingnya adalah dengan menggunakan perangkat yang dirancang untuk tujuan tertentu, teknologi ini mampu menjadikan orang yang merasakan dunia maya tersebut terkecoh dan yakin bahwa yang dialaminya adalah nyata.
Untuk memasuki Virtual Reality, pengguna mengenakan sarung tangan khusus, earphone, dan kacamata khusus yang terhubung dengan komputer dan sistem yang di dalamnya. Melalui cara ini, setidaknya tiga indera tubuh kita terkontrol oleh komputer. Untuk hasil yang lebih baik, biasanya piranti Virtual Reality ini juga memonitor apa yang dilakukan user. Misalnya kacamata yang mengontrol pergerakkan bola mata pengguna dan meresponnya dengan mengirim masukkan video yang baru. Virtual Reality kadang digunakan untuk menyebut dunia virtual yang disajikan ke dalam komputer, seperti pada berbagai macam game permainan komputer yang kini marak perkembangannya, meskipun hanya berbasis representasi teks, suara dan grafis.
Secara sederhana, Virtual Reality adalah pemunculan gambar-gambar tiga dimensi yang di bangkitkan komputer, yang terlihat nyata dengan bantuan sejumlah peralatan tertentu. Ciri terpentingnya adalah dengan menggunakan perangkat yang dirancang untuk tujuan tertentu, teknologi ini mampu menjadikan orang yang merasakan dunia maya tersebut terkecoh dan yakin bahwa yang dialaminya adalah nyata.
Untuk memasuki Virtual Reality, pengguna mengenakan sarung tangan khusus, earphone, dan kacamata khusus yang terhubung dengan komputer dan sistem yang di dalamnya. Melalui cara ini, setidaknya tiga indera tubuh kita terkontrol oleh komputer. Untuk hasil yang lebih baik, biasanya piranti Virtual Reality ini juga memonitor apa yang dilakukan user. Misalnya kacamata yang mengontrol pergerakkan bola mata pengguna dan meresponnya dengan mengirim masukkan video yang baru. Virtual Reality kadang digunakan untuk menyebut dunia virtual yang disajikan ke dalam komputer, seperti pada berbagai macam game permainan komputer yang kini marak perkembangannya, meskipun hanya berbasis representasi teks, suara dan grafis.
sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/New_media
http://consoles.lintas.me/go/haritsthinkso.blogspot.com/pengertian-augmented-reality/
http://niiasaba.wordpress.com/2010/06/10/virtual-reality/
http://sandrawulansari.blogspot.com/2011/09/new-media-sandra-wulansari-2ia12.html
http://indarahma.blogspot.com/2011/09/konsep-dasar-new-media-dan-contoh.html
0 komentar:
Post a Comment